29 Desember, 2014

BELAJAR CARA MENULIS PUISI

Memahami Unsur-Unsur Puisi
         
Assalamualaikum, salam hangat untuk pembaca dan semuanya. Dikesempatan ini saya akan memposting pengetahuan tentang unsur-unsur puisi yang pernah saya pelajari waktu sekolah dulu, he...he... gayanya....TK aja ndak tamat... he...he... Ok langsung saja.
http://poskataku.blogspot.com


Unsur - Unsur Puisi
Dalam menulis puisi, ada beberapa unsur yang perlu diidentifikasi, unsur-unsur puisi yang perlu diidentifikasi antara lain sebagai berikut  :

1. Tema Puisi
Tema merupakan gagasan pokok penyair yang dituangkan dalam bait-bait puisinya. Tema berasal dari berbagai masalah/peristiwa di sekitar kehidupan penyair. Tema adalah langkah dasar penyair dalam menyusun puisinya.

2. Pesan Puisi
Pesan disebut juga amanat puisi. Pesan adalah sesuatu yang ingin disampaikan penyair kepada pembacanya/pendengarnya. Pesan merupakan nilai yang didapat dan dilihat dari sudut pandang penyair, sedangkan kesan adalah nilai dari segi pembaca atau pendengar.

3. Makna Puisi
Makna puisi adalah isi yang tersirat dalam puisi tersebut. Untuk menemukan isi puisi, kamu harus mendengarkan pembacaan puisi dengan saksama dan memahami simbol atau lambang dari puisi.

4. Sajak/Rima
Keindahan sebuah puisi terdapat pada rima/sajak bunyi di akhir baris sesuai pilihan kata yang digunakan.
Contoh  :

Dalam hatiku yang bimbang
Wajahmu selalu terbayang
Kuharap dirimu akan segera datang
Agar diriku merasa tenang
Baca Selanjutnya

Dalam sajak di atas yang dominan adalah bunyi sengau/ng, m, n/. Bunyi sengau dalam sajak ini mendukung suasana si aku karena ia berharap mendapat rasa tenang, serta kedamaian hati sebab kerinduannya pada seseorang bisa terobati apabila ia hadir pada dirinya dan hatinya.

5. Diksi/Pilihan Kata
Diksi adalah pilihan kata yang digunakan oleh penyair untuk mewakili apa yang dipikirkannya sebagai media ekspresi dalam puisi. Pengarang menggunakan citraan, majas, kata asing, atau kata lain untuk mewakilinya.

Biasanya seorang penyair sengaja memilih kata yang tepat untuk menunjukkan keindahan sebuah puisi. Keterikatan rima antara baris satu dengan baris yang lain akan menimbulkan kesan bahwa itulah keunikan dan keindahan bahasa dalam puisi.

Artikel Terkait :



2 komentar

ane kurang pintar soal puisi gan... :ngakak


EmoticonEmoticon