18 April, 2017

Hindari Hutang Jika Hidup Ingin Tenang

Tidak selamanya hidup ini selalu senang, adakalanya kita berada pada posisi susah, adakalanya kita dapat rizki yang banyak dan adakalanya pula sebaliknya. Pada posisi susah terkadang kita dituntut untuk mencukupi kebutuhan kita sehari-hari apalagi bagi yang sudah berkeluarga. Disaat posisi keuangan sulit terkadang untuk mencukupi kebutuhan terpaksa kita harus berhutang. Padahal kalau dipikir hidup yang tenang itu adalah hidup yang tidak memiliki hutang.

Kadang kala banyak juga orang yang mengatakan kalau punya hutang itu kerja malah tambah semangat, namun menurut pandangan penulis hal itu salah besar, kenapa demikian? Coba difikir secara nalar, bukankah jika kita memiliki hutang, apa yang kita hasilkan dari pekerjaan kita pasti sebagian akan kita sisihkan untuk membayar hutang tersebut. Sebaliknya jika kita tidak memiliki hutang tentu sedikit banyak kita akan bisa menyisihkan penghasilan kita untuk ditabung.

Hutang-Kopi
Ngopi broo..

Orang yang mengatakan kalau hutang bisa membuat semangat kerja, terkadang tidak berfikir kalau suatu saat bisa saja diberhentikan dari pekerjaannya atau bisa saja terserang sakit dan tidak bisa bekerja lagi. Bila hal tersebut terjadi dan kita masih dalam keadaan punya hutang yang banyak, hal tersebut adalah malapetaka besar dan bisa saja kita terjebak dalam lingkaran sentan hutang yang tidak ada putusnya.

Orang yang mempunyai hutang banyak sudah pasti hidupnya tidak akan tenang karena tiap hari akan terus berfikir kapan bisa melunasi hutang-hutangnya. Lingkaran hutang yang tidak berhenti sering kali terjadi karena orang akan hutang lagi hanya untuk menutup hutang yang sebelumnya, itulah yang dikatakan lingkaran setan hutang.

Tips Menghindari Hutang Yang Menumpuk

Dalam ajaran Agama Islam, hutang adalah kewajiban yang harus diselesaikan,dan bahkan sampai yang mempunyai hutang meninggalpun ahli waris wajib untuk melunasinya. Untuk menghindari hutang supaya hidup tenang tentu semua kembali pada pribadi masing-masing didalam mengelola keuangannya. Berikut ini Adsblog akan sedikit berbagi pengetahuan bagaimana menghindari hutang agar hidup ini selalu tenang :

#1. Tips pertama untuk menghindari hutang adalah : Belajar untuk selalu menerima apa adanya hidup ini, jangan pernah memandang orang yang mempunyai strata sosial yang ada diatas kita dan jangan pernah iri atas apa yang dimiliki oleh orang lain yang ujung-ujungnya kita mengejar utuk ikut memilikinya walau sebenarnya kita tidak mampu.

#2. Tips yang kedua untuk menhindari hutang adalah : Dahulukan kebutuhan pokok dibandingkan kebutuhan lainnya yang sifatnya tidak penting. Kebutuhan pokok dalam hidup yang paling utama adalah sandang, pangan dan papan. Jika ketiga kebutuhan pokok tersebut sudah terpenuhi barulah untuk memikirkan kebutuhan yang lainnya.

#3. Tips ketiga untuk menghindari hutang adalah : Jika kita telah mempunyai hutang, jangan pernah melunasi hutang dengan cara berhutang lagi, hal tersebut akan menjebak kita dalam linkaran hutang yang tidak akan ada habisnya, sebisa mungkin untuk melunasi hutang-hutang kita dengan jalan dari hasil kita sendiri walaupun harus dengan waktu yang agak lama.

#4. Tips keempat untuk menghindari hutang adalah : Jika kita mempunyai penghasilan cobalah untuk sedikit menyisihkannya untuk ditabung, walupun hanya sedikit namun jika kita lakukan secara terus menerus tentu akan semakin banyak. Setidaknya kalau kita mempunyai tabungan disaat kita butuh mendadak tentu sudah tidak terlalu psing lagi untuk menutup kebutuhan kita.

Menghindari untuk tidak berhutang memanglah sulit, apalagi jika kita terbentur pada kebutuhan yang mendadak. Namun sebagai manusia yang mempunyai akal yang sehat kita juga harus berfikir ulang untuk tidak terjebak dalam lingkaran hutang yang seringkali membuat hidup ini tidak tenag.

Jikalau memang harus terpaksa untuk berhutang, sebaiknya juga harus diimbangi dengan kemampuan yang kita miliki, jangan sampai kemampuan kita hanya 5000 dalam sehari namun kita harus menanggung hutang yang besarnya 10.000 sehari, itu adalah hal yang sudah tidak berimbang.

Hal yang paling pokok untuk menghindari hutang sebenarnya ada pada diri kita didalam mengendalikan hawa nafsu, dalam hidup konsumtif yang sebenarnya bisa kita hindari kalau memang kebutuhan itu tidak terlalu penting untuk kita miliki. Itulah sedikit coretan kecil mengenai Hindari Hutang Jika Hidup Ingin Tenang yang bisa Admin Adsblog tulis pada kesempatan kali ini. Akhir kata, semua terkembali pada diri kita masing-masing untuk menyikapi hal ini, semoga bermanfaat. Wassalam.

This Is The Newest Post


EmoticonEmoticon