11 Maret, 2016

Kisah Dibalik Lagu Hey Jude (The Beatles)

Tags

Ini adalah artikel kedua saya tentang group band The Beatles. Pada artikel yang lalu telah saya tulis tentang profil dan group band The Beatles ini, Silahkan anda baca Profil Group Band The Beatles. Nah pada kesempatan ini kembali saya akan  share tentang salah satu yang fenomenal dari group ini yaitu sebuah lagu yang berjudul "Hey Jude" yang diciptakan oleh salah satu personil the beatles yaitu Paul McCartney.

Hey Jude " adalah lagu balada rock dari The Beatles yang ditulis oleh Paul McCartney. Lagu ini berdurasi lebih dari 7 menit, "Hey Jude" pada saat itu merupakan singel terpanjang yang pernah menempati puncak tangga lagu Britania Raya. Lagu ini juga menempati tangga lagu Amerika Serikat di nomor 1 selama 9 minggu, sehingga Hey Jude merupakan singel Beatles yang paling lama bertahan sekaligus paling lama berada di nomor satu di tangga lagu negara itu. Rekor ini kemudian dipecahkan oleh "You Light Up My Life"). Singel ini telah terjual delapan juta kopi dan termasuk lagu yang paling banyak didaur ulang.

Kisah Dibalik Lagu Hey Jude (The Beatles)

Inspirasi Lagu Hey Jude
Pada tahun 1968, John Lennon dan istrinya Cynthia Lennon bercerai akibat hubungan perselingkuhan John Lennon dengan Yoko Ono. Saat Paul McCartney  mengunjungi Cynthia dan putranya, Julian Lennon. Karena merasa kasihan pada Julian Lennon dalam perjalanan pulang ia menciptakan 'Hey Jude' di dalam mobil, yang dimaksudkan untuk menghibur Julian Lennon.

Judul asli dari "Hey Jude" adalah "Hey Jules," yang dimaksudkan untuk menyenangkan hati Julian Lennon dari tekanan karena perceraian kedua orang tuanya. Julian Lennon baru mengetahui bahwa lagu ini ditulis untuknya hampir 20 tahun kemudian. Oleh sebab itu Julian Lennon malah lebih dekat dengan McCartney daripada ayahnya.

Walaupun McCartney awalnya menulis lagu untuk Julian Lennon, John Lennon berpikir lagu itu ditulis untuk dirinya. Orang lain percaya bahwa McCartney menulis lagu ini untuk mereka. Termasuk John Lennon, banyak pula yang berspekulasi bahwa lagu ini didasarkan pada putusnya McCartney dengan Jane Asher. "Hey Jude" dianggap sebagai pesan tidak sadar untuk dirinya sendiri. Faktanya, saat Lennon mengatakan bahwa ia pikir lagu itu untuknya, McCartney menepisnya, dan memberitahu pada Lennon kalau lagu itu adalah tentang dirinya sendiri.

Penulis Mark Hertsgaard mendapati "banyak lirik lagu itu tampaknya ditujukan lebih kepada pria dewasa yang menemukan cinta baru yang lebih kuat, terutama dalam baris 'you have found her now go and get her' (kau telah menemukannya, sekarang pergi dan dapatkan dia) dan 'you're waiting for someone to perform with (kau sedang menanti seseorang untuk tampil bersama.)

Perilisan
"Hey Jude" dirilis pada tanggal 26 Agustus 1968 di Amerika Serikat dan 30 Agustus di Britania Raya, bersama "Revolution" pada Sisi-B. Singel ini adalah perilisan perdana singel Beatles dibawah label Apple Records. "Hey Jude" yang direkam selama pembuatan album The Beatles (White Album), dimaksudkan hanya untuk dibuat sebagai singel dan bukan untuk dimasukkan ke dalam album.

"Hey Jude" mulai merajai tangga lagu Britania Raya selama 16 minggu sejak tanggal 7 September 1968, lalu pada minggu berikutnya baru naik ke nomor 1. Namun, posisi itu hanya bertahan selama 2 minggu sebelum digeser oleh singel lain Apple, yaitu "Those Were the Days"nya Mary Hopkin  (lagu yang diproduseri oleh McCartney). Singel "Hey Jude" ini mendapat sertifikat gold oleh Recording Industry Association of America pada 13 September; pada minggu yang sama NME melaporkan bahwa 2 juta kopi singel telah terjual. Lagu ini masuk ke tangga lagu Amerika 14 September 1968 dan bertahan di sana sampai 19 minggu. Dua minggu kemudian, "Hey Jude" naik ke nomor 1 dan terus berada di sana selama 9 minggu, rekor terlama untuk singel The Beatles sekaligus singel berdurasi terpanjang yang mencapai nomor 1.

"Hey Jude" berdurasi 7 menit 11 detik. Satu-satunya lagu berdurasi di atas 7 menit yang menduduki puncak tangga lagu di seluruh dunia pada tahun 1960-an adalah lagu Richard Harris yang berjudul "MacArthur Park". Di Britania Raya sendiri, "MacArthur Park" tidak mencapai nomor 1 tapi rekor "Hey Jude" yang merupakan singel berdurasi terpanjang yang terlama di puncak tangga lagu tetap bertahan selama lebih dari 20 tahun sebelum akhirnya dipecahkan oleh "I'd Do Anything for Love (But I Won't Do That)" oleh Meat Loaf pada tahun 1993 yang berdurasi 7:58.

Pada tanggal 30 November 1968 NME melaporkan bahwa penjualannya sudah hampir 6 juta kopi di seluruh dunia. "Hey Jude" menjadi singel perdana terlaku untuk sebuah label rekaman. Total penjualan di seluruh dunia menembus 8 juta kopi dan menduduki tangga lagu di 11 negara. "Hey Jude" merupakan singel terbaik Billboard Hot 100 tahun 1968, berdasarkan tangga lagu akhir tahun. Kurang dari 3 minggu setelah perilisannya, lagu ini disertifikasi gold karena penjualan yang mencapai 1 juta kopi. Pada tahun 1999, lagu ini disertifikasi 4x platinum, merepresentasikan 4 juta unit yang telah terjual.

Demikian kisah dibalik lagu Hey Jude yang terbilang sangat sukses di eranya. Sebuah lagu yang bagus memang akan tetap terasa enak didengar dan tidak membosankan walaupun lagu tersebut termasuk lagu legend seperti halnya lagu Hey Jude dari The Beatles ini.


Artikel Terkait :



7 komentar

ada kisahnya ternyata di balik lagu hey jude
saya suka bnget dengan lagu2 the beatles

Baru ngeh nih bener juga ya hey jude itu lama juga kebanyakan lagu itu kan 5 menit ke bawah ya mas,?heu
sip lah saya jadi terobsesi juga nih untuk menjalin kisah cinta, kali aja bisa bikin lagu. :D

Saya malahan dengar lagu ini Mas Is oh Ternyata ada history nya lagu hey jude itu ya Mas

Betul Mas Wong saya baru tau nih

Ternyata saya sama kaya Mas Awan baru ngeuh.. ada mp3 nya gk Mas Is?

Ternyata saya sama kaya Mas Awan baru ngeuh.. ada mp3 nya gk Mas Is?

hebat ya 8 jt kopy brapa tuh duitnya. mungkin karena nyanyinya sepenuh jiwa kali ya makanya laku banget dan disukai banget


EmoticonEmoticon