11 Maret, 2016

5 Etika Dalam Mencari Ilmu

Tags

Mencari ilmu itu bisa dimana saja, tidak melulu harus disekolah. Bahkan kita bisa belajar lewat orang-orang disekitar kita. Pada dasarnya semua manusia yang terlahir ke dunia ini tak ada yang pintar. Tapi, Allah telah menyediakan sarana untuk kita agar bisa belajar sehingga menjadi pintar.

Adapun sarana yang telah Allah berikan kepada kita adalah Indera dan Akal. Dengan indera penglihatan kita bisa tahu dan membaca ilmu tersebut dengan cara diamati dan dipelajari. Melalui indera pendengaran kita bisa mendengar apa yang diajarkan oleh guru kita sehingga kita bisa menyerapnya dalam akal kita dan akhirnya kita bisa mengambil kesimpulan atau pendapat mengenai sesuatu yang kita dengar dan lihat itu.

Belajar itu adalah suatu proses akan banyak kesulitan dan hambatan yang menghadang. Kita tidak akan serta merta berharap setelah belajar satu kali langsung bisa. Oleh karena itu dalam belajarpun ada etikanya, nah berikut ini 5 etika dalam mencari ilmu  :

1. Pertama  
Punya kemauan yang kuat dalam mencari ilmu. Karena kalau kita tidak punya kemauan dan semangat, maka ketika menemui kesulitan sedikit saja pasti akan langsung melumpuhkan semangat kita.

2. Kedua  
Bersikap lembut terhadap seorang guru dan menunjukkan kepadanya sikap penghormatan. Guru adalah faktor terpenting ketika kita menuntut ilmu, maka sudah sewajarnya apabila kita bersikap hormat kepadanya.

3. Ketiga
Bersikap sabar terhadap seorang guru, bukan hanya rocker yang juga manusia, gurupun manusia juga yang tentunya juga tidak luput dari salah, khilaf dan juga dosa. Ketika kita merasa kok guru kita gitu banget ya, killer, kalau neragin tidak jelas, yang bisa kita lakukan hanyalah bersabar.

4. Keempat
Tidak cukup dengan ilmu yang dimilikinya. Setiap orang tidak akan pernah merasa puas dengan ilmu yang dimilikinya. Semakin banyak belajar, semakin banyak tidak tahunya. Maknya Rasulullah bersambda "Tuntutlah ilmu mulai dari buaian sampai liang lahat" Tak pernah ada kata terlambat untuk mencari ilmu.

5. Kelima
Memperbaiki niat. Ketika kita belajar dan sebaiknya selalu diniatkan untuk mencari keridhaoan Allah SWT. Dengan begitu, menuntut ilmu menjadi ibadah dan jihad di jalan Allah SWT.

Begitupula dalam dunia blogging, kita setiap waktu ditutut untuk mengikuti perkembangan yang ada di dunia internet. Oleh karena itu pasti kita juga perlu belajar dari para guru-guru blogger yang telah senior. Demikian semoga bermanfaat.



Artikel Terkait :



4 komentar

pembahasan yang sangat bermanfaat gan, dengan begiti kita tahu bagaimana etikan mencari ilmu, sehingga ilmu tersebut bisa berguna dan membawa manfaat bagi diri kita dan orang lain

mencari ilmu sebagai bekal menuju hidup yang lebih baik tentu cara mendapatkannya pun harus beretika

Manusia emang disarankan untuk selalu mencari ilmu dimana pun kapan pun, harus memiliki etika dalam setiap menuntut ilmu...

mencari ilmu itu wajib sepanjang hayat. etika itu sarana supaya ilmunya bermanfaat dan barokah


EmoticonEmoticon